Membuat Karakter dan Animasi 3D Pada Unity

 Nama : Wendy Firdiansyah

NIM   : 1911501979


Membuat Karakter dan Animasi 3D pada Unity

Assalamualaikum Wr Wb. Saya Wendy Firdiansyah mahasiswa Universitas Budi Luhur disini saya ingin memberikan tutorial  membuat karakter dan animasi pada unity 3D, Yukk, intip saja, langkah-langkahnya:

Sebelum  membuat karakter animasi 3D, jika teman teman belum membuat Terrainnya, maka buat lah Terrainnya terlebih dahulu, lihat pada postingan Saya sebelum ini untuk membuat Terrainnya 

https://wendykecap.blogspot.com/2020/12/membuat-terrain-medan-hutan.html  

Setelah teman teman membuat Terrain, kita akan membuka my asset terlebih dahulu, Kemudian buka My Asset Unity Store, kemudian import data tersebut







Kemudian buka my asset unity dan import. Setelah di import maka akan muncul foldernya seperti ini. 



Baik, setelah itu buka foldernya klik Toon RTS-Demo, kemudian Model dan drag Toon RTS-Demo ke layar Terrain


Setelah itu, klik RTSnya, kemudian lihat pada bagian Inspector klik Rig dan samakan pada Gambar yang di bawah ini, lalu Apply

Kemudian, buka Animasi blok ke-4 Animasi tersebut, dan samakan pada Gambar seperti ini, kemudian Apply

Kemudian klik kanan lalu Create Animator Controller, lalu beri nama Knight_anim_ctrl, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini

Kemudian double klik Knight_anim_ctrl tersebut dan akan muncul tampilan seperti ini. 


Setelah itu, klik nama RTS pada bagian hierarki, lihat bagian Inspector klik add komponen, kemudian cari Character Controller dan akan muncul tampilan seperti ini, lalu samakan pada gambar dibawah ini.



Setelah Add Component Controller, samakan garis pada objek karakter seperti gambar dibawah ini, agar, masuk semua dalam objeknya. 


Kemudian Add Component lagi pada bagian RTS, pilih Rigidbody,dan aktifkan ceklis Is Kinematic maka akan tampil seperti ini


Setelah itu buka lagi Animation lalu double klik WK-heavy_5 perhatikan ke inspector lalu pilih Animation.

 
Kemudian samakan pada gambar dibawah ini



Setelah itu, buka WK_heavy_6, lalu setting sama seperti WK_heavy_5


Kembali ke layar controller, klik kanan lalu make transition dan arahkan panahnya ke WK_heavy_6

Perhatikan dibagian animator pindahkan objeknya ke bagian parameter, kemudian klik gambar plus (+) lalu pilih INT dan berinama condition


Setelah itu klik arah yang dari WK_heavy_5 -> WK_heavy_6, buat seperti tampilan seperti ini, begitu pula dari WK_heavy_6 -> WK_heavy_5




Setelah itu Create, buka script dan berikan nama script-nya ke my controller


Pada kali ini Saya memberikan nama Script, dengan nama KnightController.cs



Kemudian ketikkan script berikut ini



Setelah Script jadi, drag script tersebut ke ToonRTS_demo_knight yang berada di hierarchy, dan play tampilan akan seperti ini. Tekan W untuk maju, Tekan A / D untuk menghadap kesamping.


Karakter pun telah di bentuk, dan Animasi pun sudah dapat digerakkan...

Selamat mencoba yaa teman teman, maaf apabila ada kesalahan kata ataupun ada hal yang kurang berkenan

Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Budi Luhur
.
.
.
.
.
.
Link Project :


Thanks to:











Komentar

Postingan Populer