Tutorial Memunculkan Bola Menggunakan Keyboard
Memunculkan Bola Menggunakan
Keyboard
Wendy Firdiansyah
1911501979
Awal-awal, buat project baru atau scene baru jika ingin menggunakan project yang sebelumnya. Pastikan project yang digunakan yaitu Game 3D. Tambahkan sebuah plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Plane lalu ganti namanya menjadi Lantai1. Atur kamera agar Lantai1 dapat dilihat dengan jelas.
Selanjutnya tambahkan plane kedua, atur Scale nya pada transform agar bentuknya terlihat seperti ini.
Klik Lantai2 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject -> Create Empty Child. Atur posisi nya seperti ini. Ubah namanya menjadi TitikJatuh.
Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Spphere dan ganti namanya menjadi MyBall.
Supaya terlihat menarik, saya mengubah tekstur bola dan lantai nya dengan cara Import New Assets pada panel Assets, lalu pilih gambar yang disukai. Drag gambar ke MyBall.
Klik MyBall dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component -> Physics -> Rigidbody.
Rigidbody adalah sebuah komponen penting yang dapat membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.
Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets -> Create -> Physics Material dan beri nama Bounce. Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.
kembali ke GameObject MyBall, tambahkan Material Bounce dengan cara klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik MyBall.
Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag MyBall dari tab Hierarchy ke panel Assets.
Jika Prefab MyBall sudah dibuat, GameObject MyBall dari tab Hierarchy dapat dihapus, karena yang akan kita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets.
Berikut ini contoh penggunaan kembali Prefab menjadi GameObject. Drag prefab ke Scenes. Sebagai contoh, saya meletakkan 5 objek bola diatas Lantai1.
Selanjutnya, Buat script C# dan beri nama GandakanBola.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini.
Pembahasan code
Variable TempatJatuh pada baris ke 7 akan berisi koordinat GameObject ‘muncul’. Jadi yang kita perlukan dari TitikJatuh hanyalah posisinya saja, bukan objeknya.
Variable Bola pada baris ke 7 digunakan untuk GameObject yang akan diduplikasi.
Baris 12 s.d 15: Kunci dari materi ini, yaitu perintah untuk menduplikasi objek Bola di posisi TitikJatuh (position+rotation)
Baris ke 16: perintah untuk menghancurkan GameObject 5 detik setelah diciptakan. Baris 16 merupakan salah satu bagian terpenting, jika perintah ini tidak dibuat, maka game akan memakan banyak memori karena terus memproduksi GameObject.
Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang Anda suka, lalu pastikan parameter TempatJatuh dan parameter Bola diisi.
Parameter Tempat Jatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter Bola diisi dengan prefab MyBall.
Jalankan Games dan klik tombol Buat Bola berkali-kali. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik.
Setelah game dijalankan, lihatlah hasilnya. Apakah seperti ini pada saat tombol Buat Bola di klik?
Baiklah sesuai dengan permintaan dosen, saya akan mempraktekkan untuk memodifikasi game ini. Dengan perintah, “Buat agar event munculnya bola tidak hanya melalui tombol yang ada di GUI, tetapi juga bisa menggunakan salah satu tombol yang ada di keyboard, misalnya saja tombol spasi. Jadi ketika ditekan tombol spasi, muncul bola dari prefab.”
Berikut ini Source Code yang sudah saya edit dari Script yang sebelumnya, yaitu Input Keyboard.
Pembahasan Code
Baris 8: deklarasi variabel untuk ditampilkan di inspector. Tipe variabel berupa KeyCode yang merupakan kumpulan tombol yang berada di keyboard.
Baris 19: mendeteksi tombol keyboard yang dilepas. Karakter yang dideteksi didefinisikan pada Inspector.
Kembali ke Unity. Berikut tampilan setelah Script dimodifikasi. Terdapat parameter Pilihan User dibagian bawah, lalu saya pilih Space.
Sekarang bola dapat muncul dari Prefab dengan mengklik tombol Spasi pada keyboard tanpa harus klik Buat Bola.
Link >> http://budiluhur.ac.id <<
Komentar
Posting Komentar