Tutorial dalam melakukan Import Asset yang berasal dari Unity Asset Store dan tutorial membuat game 2D
Nama : Wendy Firdiansyah
NIM : 1911501979
Haloo
teman-teman, disini saya akan menjelaskan tutorial dalam melakukan Import Asset
yang berasal dari Unity Asset Store dan tutorial membuat game 2D. Ikuti
langkah-langkahnya yaa….
Langkah
pertama yaitu kunjungi web assetstore.unity.com
Lalu
Pilih Asset – 2D
Pilih asset yang Free
Pilih Add to My Asset – Sign In akun Unity jika belum
mempunyai akun Unity maka bisa melalui akun google atau facebook
Setelah itu buka Unity dan masuk ke Asset Store, jika
assetnya belum di download maka segera download dahulu, jika sudah klik import
Jika hasil import sudah selesai. Maka akan muncul file baru.
Dan itulah file asset yang telah di import.
Kita akan mulai dengan
background. Cari background di file baru hasil import. Setelah itu drag
background ke Hierarchy.
Klik 2x Background dan lihat ke Inspector. Klik Sorting
Layer – pilih (+) – dengan nama Background – lalu drag background ke atas
default agar tampilan background selalu di belakang dan atur Sorting Layer
menjadi Background.
Background sudah di setting. Sekarang
klik kanan di jendela hierarchy – 2D Object - Tilemap
Klik Tilemap dan atur Inspectornya. Klik Sorting Layer – Pilih (+) – dan namai TIlemap. Posisi Tilemap di bawah default agar selalu berada didepan background. Lalu atur Sorting Layer menjadi Tilemap.
Setelah TIlemap selesai. Selanjutnya klik window – 2D – Tile Palette
Create New Palette – namai dengan Tilepalette – Create.
Save di Asset – lalu select folder
Lalu
cari Tiles di File baru hasil import – blok semua Tiles lalu ubah ukuran pixels
per unit menjadi 128 agar ukurannya sama dengan tilemapnya. Blok kembali
Tilesnya lalu drag ke tempat TilesPalette, buat folder baru dengan nama Tiles
di folder Asset lalu select folder.
Tilespalette
sudah di simpan. Buat tilespalette agar berbentuk menjadi tanah di background. Setelah
selesai, cari character di file hasil import. Drag 1 per 1 dari Body, Eye, Foot,
LeftHand dan RightHand bentukan menjadi boneka dan atur ukurannya menjadi 1.5
dan Setting Sorting Layernya, tambahkan Player di Sorting Layer, posisi Player
berada di bawah Tilemap. Setting Sorting Layer menjadi Player.
Setelah
Player sudah di atur. Klik kanan hierarchy – Create Empty dan namai Player. Lalu
blok Body, Eye, Eye (1), LeftHand, Right Hand, Foot dan Foot (1) drag ke
Player.
Setting
Box Collider 2D seperti yang ada di gambar
Boneka akan bisa
bergerak kekanan dan kekiri, silahkan mencoba.
Link: https://budiluhur.ac.id
Komentar
Posting Komentar