Tutorial dalam melakukan Import Asset yang berasal dari Unity Asset Store dan tutorial membuat game 2D

 

Nama   : Wendy Firdiansyah

NIM    : 1911501979

 

Haloo teman-teman, disini saya akan menjelaskan tutorial dalam melakukan Import Asset yang berasal dari Unity Asset Store dan tutorial membuat game 2D. Ikuti langkah-langkahnya yaa….

 

Langkah pertama yaitu kunjungi web assetstore.unity.com

 

Lalu Pilih Asset – 2D





Pilih asset yang Free



Pilih Add to My Asset – Sign In akun Unity jika belum mempunyai akun Unity maka bisa melalui akun google atau facebook



Setelah itu buka Unity dan masuk ke Asset Store, jika assetnya belum di download maka segera download dahulu, jika sudah klik import




Jika hasil import sudah selesai. Maka akan muncul file baru. Dan itulah file asset yang telah di import.



Kita akan mulai dengan background. Cari background di file baru hasil import. Setelah itu drag background ke Hierarchy.



Klik 2x Background dan lihat ke Inspector. Klik Sorting Layer – pilih (+) – dengan nama Background – lalu drag background ke atas default agar tampilan background selalu di belakang dan atur Sorting Layer menjadi Background.



 

Background sudah di setting. Sekarang klik kanan di jendela hierarchy – 2D Object - Tilemap


 

Klik Tilemap dan atur Inspectornya. Klik Sorting Layer – Pilih (+) – dan namai TIlemap. Posisi Tilemap di bawah default agar selalu berada didepan background. Lalu atur Sorting Layer menjadi Tilemap.




 

Setelah TIlemap selesai. Selanjutnya klik window – 2D – Tile Palette





 

Create New Palette – namai dengan Tilepalette – Create.



 

Save di Asset – lalu select folder



Lalu cari Tiles di File baru hasil import – blok semua Tiles lalu ubah ukuran pixels per unit menjadi 128 agar ukurannya sama dengan tilemapnya. Blok kembali Tilesnya lalu drag ke tempat TilesPalette, buat folder baru dengan nama Tiles di folder Asset lalu select folder.








Tilespalette sudah di simpan. Buat tilespalette agar berbentuk menjadi tanah di background. Setelah selesai, cari character di file hasil import. Drag 1 per 1 dari Body, Eye, Foot, LeftHand dan RightHand bentukan menjadi boneka dan atur ukurannya menjadi 1.5 dan Setting Sorting Layernya, tambahkan Player di Sorting Layer, posisi Player berada di bawah Tilemap. Setting Sorting Layer menjadi Player.











Setelah Player sudah di atur. Klik kanan hierarchy – Create Empty dan namai Player. Lalu blok Body, Eye, Eye (1), LeftHand, Right Hand, Foot dan Foot (1) drag ke Player.




 

Klik player dan add components, cari Rigidbody 2D dan Box Collider 2D





Setting Box Collider 2D seperti yang ada di gambar




Lalu Atur Tilemap – add components – pilih Box Collider 2D dan setting Box Collider seperti gambar dibawah.




 

Setelah itu create folder dengan nama Scripts



 

Lalu klik kanan didalam folder script lalu pilih create – C# Script dan namai Player.





Edit Script Player menjadi seperti dibawah ini



Lalu drag Script ke Player dan klik player perhatikan di Inspector, isi Speed menjadi 2 lalu play.




 

Boneka akan bisa bergerak kekanan dan kekiri, silahkan mencoba.

Link: https://budiluhur.ac.id


Komentar

Postingan Populer